Kamis, 18 April 2024

MEMULAI PERCAYA DIRI


 Sebetulnya ini tulisan lanjutan dari artikel sebelumnya, jika kamu merasa perlu untuk membaca ini, kamu bisa mulai dari artikel sebelumnya. 

Mari Belajar Bersama 

Kamu saat ini mulai menyadari bagaimana persepsi diri bekerja, dan tidak ingin melakukan cara yang salah dalam proses meningkatkan kepercayaan diri. Saya beruntung menjadi bagian dalam lingkungan supportif yang salah satunya mempelajari bagaimana Kesadaran Penuh atau Wellbeing dapat kita capai meliputi kesadaran diri, pengelolaan diri, kemampuan berinteaksi, kesadaran sosial serta pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. 

Saya coba mengaitkan dengan artikel yang saya tulis ini. Wellbeing tidak mungkin kamu capai tanpa kamu kamu berdamai dengan kekurangan diri sendiri dan memaksimalkan potensi diri dengan kesadaran yang penuh, itu yang saya maksud adalah kepercayaan diri. 

Kamu bisa mencoba memulai dengan persepsi kamu yang seperti ini: 

 

1. TERIMA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN 

Selalu ada dua sisi dalam berbagai hal yang kita temukan, mungkin itulah yang sering kita sebut dengan keseimbangan. Mendapatkan dan Kehilangan, Memberi dan mnerima, ada hitam ada putih, siang dan malam, Kamu dan dia 😆😆😆.

Saat semua terasa seimbang kita akan menjadi seseorang yang menyenangkan di mata orang lain, tidak semua orang mungkin tapi setidaknya kamu akan menemukan orang-orang yang tepat untuk menerima kamu dengan berbagai kelebihan serta kekuranganmu.

PERCAYA DIRI BUKAN HANYA TENTANG MENUNJUKAN KEHEBATANMU, TAPI JUGA TENTANG MENYADARI KEKURANGANMU DAN SECARA SADAR KAMU TERUS MENCOBA UNTUK MEMPERBAIKINYA, BUKAN MEMBUNGKUSNYA DENGAN KEPALSUAN UNTUK MERUBAH PERSEPSI ORANG LAIN TERHADAP KAMU.

 

2. MAAFKAN SEGALA HAL DI MASA LALU

Orang-orang di masa lalu mungkin jahat, tapi ada seseorang yang akan menganggap kamu berharga di masa depan karena memang kamu menunjukan bahwa kamu memang berharga. Terjebak dalam kondisi kamu di masa lalu membuat orang lain merasa tidak cukup meluangkan waktu mereka untuk kamu, karena menganggap kamu selalu hidup di masa lalu dan tidak hadir saat berintertaksi denganya.

Memaafkan diri kamu di masa lalu membuat kamu lebih terbuka dengan hal-hal yang dapat membuatmu bahagia di masa depan.

Memaafkan orang lain di masa lalu tidak membuatmu lebih rendah, justru lebih baik untuk kamu dalam proses melepaskan dan menghilangkannya dari hidupmu.

"SESEORANG YANG PERGI MENINGGALKANMU DENGAN KEMARAHAN DAN KEKECEWAAN, AKAN KEMBALI DAN MEMINTAMU UNTUK KESEMPATAN YANG LAIN".

 

3. ENOUGH IS ENOUGH

Saat kamu belajar memperbaiki kekuranganmu dalam hal tertentu dan ternyata sulit mungkin kamu bisa mengatakan ini, "Cukup". 

Jangan terlalu keras pada diri sendiri, tidak semua hal dapat kamu kuasai. 

Tidak semua orang akan menyukaimu dan semua itu tidak berada dalam kontrol kamu.

Bersikap seperti ini sangat baik agar kamu tidak berlebihan dalam mengurusi kekuranganmu, kalo memang itu sangat sulit kamu raih ya sudah biarkan itu terjadi, kamu bisa alihkan waktu, tenaga dan perhatianmu untuk sesuatu hal yang dapat kamu raih. INI JELAS HAL YANG BERBEDA DENGAN KAMU YANG TIDAK PERNAH MENCOBANYA, KAMU SENDIRI YANG MENENTUKAN TARGETNYA DAN KAMU YANG AKAN MEMUTUSKAN MELANJUTKAN ATAU BERHENTI PADA TITIK INI.

INI TENTANG KAMU SENDIRI DAN HANYA KAMU

Jangan biarkan persepsi orang lain membuai atau menjatuhkan diri kamu sendiri.


4. INSECURTY  KE FISIK

Ini yang paling tidak keren, jika kamu melakukannya dan orang tuamu mengetahuinya, bayangkan apa yang mereka rasakan. Bayangkan bagaimana wajah bahagia mereka ketika pertama kali kamu lahir di dunia. Bayangkan betapa bangganya mereka melihat kamu tumbuh dan pertama kali memanggil mereka dengan sebutan ayah atau ibu. 

Bandingkan dengan ketidak percayaan dirimu dengan fisik kamu sendiri dan betapa akan mengecewakan mereka yang telah memberikan segalaya buat kamu. 

Tidak usah LEBAY ketika seseorang tidak dapat menerima untuk menjalin hubungan denganmu, pake nyalahin fisik kamu yang hitam dan dia yang putih, dia yang tinggi kamu yang pendek.

SEKALI LAGI ITU TIDAK KEREN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMULAI PERCAYA DIRI

 Sebetulnya ini tulisan lanjutan dari artikel sebelumnya, jika kamu merasa perlu untuk membaca ini, kamu bisa mulai dari artikel sebelumnya....